Twitter

Rabu, 16 November 2011

Cara Setting Karburator Motor

Cara Setting Karburator Motor






Tugas utama karburator adalah mencampurkan Bahan Bakar (BB) + Udara (O2). Kira-kira dengan perbandingan range nya BB : O2 adalah 1 : 13-15. Pokoknya gimana caranya biar mesin dapat suplai campuran segitu.

Kenapa pake range, padahal teori di buku-buku pembakaran ideal itu 1:14 ?

Jawabannya adalah karena kondisi mesin & lingkungan mempengaruhi settingan campuran BB:O2.

Misal :

Kompresi makin tinggi BERARTI mesin makin panas BERARTI butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol.
Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi BERARTI campuran BB terkontaminasi air, BERARTI campuran makin miskin, BERARTI bensin harus lebih banyak.
Suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun BERARTI brnsin harus dikurangi agar suhu kerja mesin menjadi ideal.
Knalpot bobokan (Free Flow) BERARTI rpm makin tinggi BERARTI suhu mesin meningkat BERARTI butuh BB makin tinggi.
Dan masih banyak lagi parameter yang harus diperhatiin termasuk desain lubang masuk pada blok yang derpengaruh dengan settingan spuyer sebagai penyalur BB
Itu teori dasarnya.

Settingan Karbu :

Karbu punya 2 spuyer :

Satu buah main jet (tuk NSR std ukurannya 130) yang berperan menyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas.
Saru buah pilot jet (NSR std ukurannya 45) yang berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh N rpm mesin yang sudah tinggi.
Hal lain yang berpengaruh dengan settingan termasuk :

Ukuran Venturi Karbu
Jarum skep
Stelan angin
Power jet.
Venturi karbu makin besar maka makin abanyak udara yang lewat sehingga butuh spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya supaya campuran bisa pas.

Trus kapan kita membesarkan ato mengicilkan spuyer-spuyer tadi ?

Sebelumnya harus tahu dulu gejala-gejala mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB :

1. "Ngempos" adalah gejala mesin seperti kehilangan tenaga yang disebabkan kekurangan BB
2. "Mberebet" adalah gejala mesin yang sebenarnya dirasa padat cm tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo settingannya terlalu basah.

Berarti kalo NGEMPOS mesin butuh BB, kalo BREBET mesin kebanyakan BB.

Nah berikut kasus-kasus yang sering terjadi karena masalah pilot jet :

Motor kalo pagi susah hidup karena begitu ngempos terus mati ya berarti naekin pilot jet.
Motor dah jalan tapi sering tiba-tiba kehilangan tenaga saat putaran gas N putaran rendah berarti naekin pilot jet.
Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naek pilot jet.
Motor brebet di putaran bawah tapi naek di putaran atas berarti pilot jet kebesaran.
Motor gak pake di cuk kalo pagi N bisa langsung start.
(ini juga gak normal) berarti pilot harus turun.

Kesimpulannya, kalo ada gejala ngempos, suhu tinggi diputaran yang relatif rendah maka minta naek pilot jet, N kalo ada gejala brebet di putaran rendah juga maka pilot harus turun.

Trus tuk kasus-kasus mainjet :

Motor dibawa kebut-kebutan sampe putaran atas trus begitu finish jalan pelan-pelan jadi ngempos dibarengi asep ngebul BERARTI suhu saat putaran tinggi meningkat drastis BERARTI main jet minta naik.
Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.
Motor ngelitik padahal yang lain normal BERARTI suhu mesin SANGAT TINGGI saat putaran atas BERARTI main jet minta naik.
Motor Brebet di putaran atas saja berarti main jet minta turun.
dll

Kesimpulannya, jika motor Beret di putaran atas berarti main jet harus turun, jika motor suhunya tinggi di putaran atas berarti main jet minta naik.

Note :

Setiap ada perubahan ukuran spuyer wajib setting angin
Jangan berpatokan pada indikator suhu di dashboard tuk panduan setting karena pasti gak sesuai, ini butuh joki yang feelingnya dah kuat.
Adakalanya detonasi tidak bisa diobati dengan naekin spuyer jika detonasinya sudah parah. Ini berarti ada ketidak normalan pada komponen mesin lainnya.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Pages

Sample text