Twitter

Rabu, 30 November 2011

TIPS MENJAGA BERAT BADAN IDEAL

Berat badan ideal adalah dambaan setiap orang, terutama bagi kaum wanita. Berat badan yang ideal juga merupakan salah satu indikator untuk menilai bahwa seseorang tersebut dikatakan sehat, karena berat badan berhungan langsung dengan asuapan nutrisi dan gizi bagi tubuh.

Berat badan yang berlebih, atau biasa dikenal dengan istilah obesitas,akan memberikan dampak ynag tidak baik bagi kesehatan tubuh. Berbagai penyakit yang berhubungan dengan sistem jantung maupun pembuluh darah akan menjadi ancaman bagi orang yang mengalami obesitas.
Begitu juga dengan berat badan yang kurang, akan memberikan dampak yang tidak baik pula bagi kesehatan dikarenakan kebutuhan nutrisi untuk tubuh tersebut kurang.

Selain itu, anda juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk mengetahui apakah berat badan anda sudah termasuk ideal atau belum. Caranya adalah dengan menghitung rumus :

Wanita : Berat Badan Ideal (kg) = Tinggi Badan (cm) – 100 ± 15%
Pria: Berat Badan Ideal (kg) = Tinggi Badan (cm) – 100 ± 10%
(Rumus Broca, dikutip dari tulisan Steven B. Halls (2005)

Atau bisa juga dihitung dengan rumus sederhana yang biasa digunakan yaitu:
Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan - 100) - 10% (Tinggi Badan - 100)

Oleh karena itu perlu kita ketahui pentingnya menjaga berat badan agar tetap ideal.
Berikut ini adalah tips bagaimana menjaga berat badan :


  1. Konsumsi makanan yang bervariasi, supaya kebutuhan tubuh akan berbagai nutrisi terpenuhi.
  2. Minum banyak air putih, sedikitnya delapan gelas sehari dan kurangi minum-minum yang manis-manis seperti sirup , soda, dll.
  3. Minum susu, susu tidak membuat gemuk.Segelas susu rendah lemak hanya mengandung 8o kalori dan sekaligus mengandung protein dan kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang pada masa remaja kita. Bandingkan dengan 120 kalori dari soft drink hanya berisi gila tanpa kalsium dan protein.
  4. Sempatkan sarapan , Penelitian menunjukkan makan pagi dapat membuat kita belajar lebih baik di sekolah dan makan lebih sedikit disepanjang hari. Sebaliknya tidak sarapan justru menaikkan berat badan karena tubuh menurunkan metabolisme untuk menyimpan tenaga.
  5. Berolahraga secara teratur selain untuk menjaga berat badan, olahraga juga baik untuk pertumbuhan tulang yang kuat.
  6. Jangan menggunakan obat diet yang sembarangan.
  7. Wanita kehilangan zat besi selama masa menstruasi. Karena itu , pada masa haid harus lebih cermat mengatur kandungan nutrisi yang dikonsumsi.


0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Pages

Sample text